Prinsip Kerja Turbin Air

Prinsip Kerja Turbin Air

Prinsip Kerja Turbin AirSalah satu komponen dari rangkaian pembangkit listrik tenaga air adalah turbin air. Semua jenis pembangkit tenaga listrik membutuhkan turbin air. Umumnya terdapat banyak jenis jenis turbin air yang telah ada hingga saat ini. Secara garis besar prinsip kerja dari turbin air hampir sama karena memiliki fungsi mengubah enegi potensial dari aliran air menjadi energi puntir yang nantinya akan digunakan untuk memutar generator yang kemudian akan menghasilkan energi listrik yang kemudian dapat kita manfaatkan sebagai keperluan kita sehari hari.

Turbin air secara garis besar dibagi menjadi dua golongan besar yakni turbin reaksi dan turbin impuls. Perbedaan dari dua penggolongan ini yang paling sederhana adalah posisi dari turbin dimana pada turbin reaksi posisi turbin teredam pada aliran air sedangkan pada turbin impuls posisi turbin tidak direndam ke air karena aliran air disemprotkan pada mangkuk turbin (turbin pelton).

Prinsip kerja turbin air reaksi 

Pada turbin reaksi terdapat beberapa bagian utama yang menyusun turbin reaksi. Lihat gambar dibawah ini :
Prinsip Kerja Turbin Air reaksi
image from : http://www.mvpag.ch

Sudu turbin : berfungsi sebagai bagian turbin yang menerima energi potensial dari air yang kemudian membuat turbin bergerak memutar
Poros turbin : poros atau as turbin berfungsi sebagai penghubung ke rotor/generator turbin yang nantinya akan menghasilkan energi listrik Setelah dari generator energi listrik ditransfer ke transformator / trafo sebelum disalurkan ke jaringan jaringan rumah atau industri

Prinsip kerja turbin air impuls 

Pada turbin air impuls terdapat beberapa bagian utama yang menyusun turbin impuls. Perhatikan gambar berikut ini :
Prinsip Kerja Turbin Air impuls

Turbin impuls umumnya menggunakan poros tipe horizontal dengan letak sudu turbin mengarah vertikal dan tidak tenggelam dalam air. Umumnya yang membedakan turbin reaksi dan turbin impuls adalah posisi dari poros turbin.
Sudu turbin yang berbentuk seperti mangkok ataupun penampung berfungsi sebagai bagian yang menerima energi potensial dari aliran air yang telah diubah sebagian menjadi energi kinetik dan disemprotkan melalui suatu noozle yang membuat sudu turbin bergerak memutar.
Poros turbin yang posisinya horizontal ini bergerak selaras dengan sudu turbin yang berputar kemudian poros turbin yang terhubung dengan generator untuk menghasilkan energi listrik yang kemudian dari generator disalurkan ke transformator sebelum di salurkan ke rumah masyarakat atau industri.

Jadi secara garis besar prinsip kerja turbin air sama baik yang menggunakan poros vertikal & horizontal, maupun turbin air dengan tipe sudu yang berbeda beda. Yakni aliran air yang tersedia dihantamkan ataupun ditabrakkan ke permukaan sudu turbin yang kemudian membuat poros turbin yg tersambung dengan generator berputar yang kemudian oleh generator putaran tersebut dikonversi menjadi energi listrik yang disalurkan ke transformator kemudia di distribusikan ke masyarakat maupun industri

Baca juga

Post a Comment